Friday 16 September 2011

Multiple Intelligence, Howard Gardner

Howard Gardner mengatakan bahwa terdapat tujuh kategori dimana masing-masing orang memiliki kelebihan atau kekurangan pada kategori tersebut. Dia menyebut pembagian ini sebagai multiple intelligences. Gardner melakukan riset lanjutan pada hasil penelitian Alfred Bine yang diselesaikan di Prancis pada tahun 1900, di Universitas Hardvard.

Hasil dari penelitian Binet, menjadi dasar pada pembentukan sebuah tes intelegensi. IQ (Intellegence Quotient) merupakan hasil dari pengukuran oleh Binet.
Tes Intelegensi model ini menjadi dasar pengembangan salah satu tes yang cukup populer di Amerika Serikat, Scholastic Aptitude Test (SAT), yang digunakan pada sebagian besar peminat masuk perguruan tinggi. Di Indonesia, digunakan SNM-PTN UMPTN/SPMB sebagai ujian masuk.

SAT dan Tes Binet menghasilkan dua tipe kecerdasan, verbal dan matematika. Jika seseorang bisa mengerjakan keduanya dengan baik, dia akan dianggap ‘pintar’ dan mempunyai peluang lebih besar untuk masuk perguruan tinggi. Namun, bagaimana jika yang tidak?

Gardner menawarkan bahwa ada kecerdasan lain selain dua tersebut. Tujuan dari Gardner adalah agar kita tidak terpaku pada dua hal tersebut. Sehingga, kita bisa membantu perkembangan si kecil dengan lebih baik lagi. Selain itu, kita bisa mencari aktivitas yang tepat agar si kecil berkembang secara optimal.

Berikut Multiple Intelligences yang diajukan Howard Gardner :

1. Kinestetik, menggunakan badan untuk menyelesaikan masalah, mengungkapkan ide serta perasaan. Aktor, atlit, penari, pematung, dan mekanik memiliki kecerdasan kinestetik yang lebih kuat.
2. Interpersonal, memahami mood, perasaan dan memiliki kebutuhan dengan orang lain. Termasuk di dalamnya, salesman, guru, konselor, dan orang-orang yang kita panggil saat kita butuh.
3. Intrapersonal, mampu memahami diri sendiri dengan perkembangan diri yang baik dan menggunakannya untuk membawa diri kearah yang lebih baik.
4. Linguistik, memiliki kelebihan dalam penggunaan kata-kata. Biasa dikaitkan dengan pencerita, politisi, komedian, dan penulis.
5. Matematika-Logis, memahami dan mampu menggunakan angka-angka secara efektif. Serta mampu menjabarkan permasalahan dengan baik. Peneliti, programmer, dan akuntan ada disini.
6. Musikal, suka berhubungan dengan musik. Ini terdapat pada banyak bidang seperti, komposer, kritikus, dan pecinta musik.
7. Spasial, memiliki kemampuan visual spasial (pemahaman tentang ruang) yang akurat, sehingga mampu bekerja secara efektif.

Semoga, setelah kita mengerti, kita bisa mendidik si kecil dengan lebih baik dan tanpa paksaan.

No comments:

Post a Comment