Sunday 7 August 2011

Mengingat Lebih Efektif Dilakukan Sendiri

Ternyata, mengingat tidak akan efektif bila dilakukan dalam kelompok belajar. Metode individual akan memaksimalkan potensi dalam proses mengingat. Supama Rajaram, psikolog Stony Brook University, New York, AS, menjelaskan bahwa siswa akan lebih mudah dalam mengingat sebuah fakta bila dilakukan sendiri dari pada dalam sebuah kelompok belajar.

Rajaram menjelaskan bahwa setiap anggota kelompok tidak dapat mengingat dengan maksimal bila dibandingkan dengan siswa yang memilih untuk belajar sendiri. Siswa yang masuk dalam anggota kelompok dianggap gagal menggunakan potensi memori mereka.

Ia menambahkan, bila dalam sebuah kelompok kecil mampu merubah bentuk ingatan, seseorang akan dapat bertahan dengan perspektif dan pandangannya. Ini akan menjadi awal dari sejarah dan identitas kolektif muncul.

Salah satu sebab lain, adanya gangguan ingatan dari anggota kelompok lain yang dapat mempengaruhi proses ingatan seseorang.

Ini bisa saja terjadi mengingat setiap individu mempunyai metode yang berbeda dalam menangkap informasi dan membentuknya ke dalam ingatan. Dimungkinkan antara metode satu dan lainnya dapat saling mengganggu. [mi]

No comments:

Post a Comment