Monday 25 April 2011

SKALA PENGUKURAN

SKALA PENGUKURAN
(Rating Scale)
Sering responden mempertanyakan arti dari pilihan mereka pada skala tersebut. Ada yang menggunakan 3 (tiga), 4 (empat), 5 (lima) atau lebih kategori tergantung pada pertanyaan. Ada kalanya perbedaan yang mungkin terjadi yang tidak diinginkan responden dalam arti kapasitas jawaban.
Contoh:
1. Apakah saudara setuju atau tidak setuju memperluas program ini ke daerah lainnya di Indonesia? (Centang salah satu)
(a) Sangat setuju
(b) Setuju
(c) Cukup setuju
(d) Kurang setuju
(e) Sangat kurang setuju
2. Bila di desa ini dibangun fasilitas umum menurut saudara apa yang penting. (Centang salah satu dari setiap butir berikut).
No. Program Kurang penting Sangat penting
1 2 3 4 5 6 7
1 Sanitasi
2 Turbin listrik mikro hidro
3 Jalan/tras
4 Sekolah
5 Puskermas


Dalam kasus perbedaan tertentu, gunakan skala penomoran mulai dari 0 atau 1 untuk beberapa penomoran, perhatikan contoh 2 di atas, ada 5 (lima) pilihan berseri (series) ingin mengungkapkan sikap; boleh juga dengan 4 (empat) pilihan berseri, yaitu: Sangat bagus, Bagus, Cukup, Kurang. Kadang kala ada juga sampai 10 (sepuluh) pilihan berseri, cuma akan kesulitan dalam hal memaknai angka-angka tersebut. Pada umumnya banyak dipakai 5 (lima) atau 4 (empat) pilihan berseri.

Hal lain yang diperhatikan, apakah butir kuesioner memakai pilihan genap (4) atau ganjil (5). Kalau pilihan ganjil berarti ada pilihan posisi netral (tengah) untuk responden, dan berbeda pada pilihan genap, responden dipaksa memilih salah satu sisi (arah pilihan posisitf atau negatif). Di bawah ini diberi beberapa contoh kategori tingkatan respon.
1) Kategori pilihan genap
Sangat tidak puas Semua tidak dibantu
Kurang puas Ada sedikit bantuan
Puas Ada cukup bantuan
Sangat puas Sangat membantu

2) Kategori pilihan ganjil
Sangat tidak suka Sangat tidak setuju
Umumnya tidak suka Beberapa tidak setuju
Tidak tentu Tidak jelas
Umumnya suka Beberapa setuju
Sangat suka Sangat setuju

Lima kategori pilihan lebih lengkap, daripada empat kategori. Perlu diperhatikan keseimbangan pilihan antara positif dan negatif.

No comments:

Post a Comment